Pada pandangan pertama, penambangan bahan baku skala besar memberikan dampak negatif terhadap alam dan keanekaragaman hayati. Namun, quari sebenarnya menyediakan habitat penting bagi tanaman dan binatang dengan adanya pengembangan lahan di berbagai tempat. Berbagai studi sains telah menunjukkan bahwa kuari dan lokasi tambang lainnya memiliki nilai tinggi untuk proteksi lingkungan karena kuari dan lokasi tambang menawarkan habibat tidak terganggu untuk spesies langka dan dilindungi.

Sebelum memulai operasi penambangan di suatu lokasi, HeidelbergCement melaksanakan analisis dampak lingkungan. Bagian terpenting dari analsisi ini adalah membangun dialog dengan para pemegang saham seperti, pemegang kebijakan lingkungan, organisasi konservasi alam dan masyarakat setempat.

Selama masa penambangan, HeidelbergCement mendorong segala bentuk promosi keanekaragaman hayati. Melalui tolak ukur pengelolaan keanekaragaman hayati yang sesuai (seperti Biodiversity Management Plans), operasi penambangan yang terencana dengan baik untuk membuat dinamika lanskap dan memperhitungkan masa perkembangbiakan, disertai dengan pelatihan kepada para staff kuari, HeidelbergCement membuktikan bahwa proses penambangan modern dan promosi keanekaragaman hayati dapat berlangsung sinergis. 

HeidelbergCement adalah perusahaan pertama di sektor konstruksi material yang telah mengimplementasikan pedoman untuk mempromosikan keanekaragaman hayati di kuari melalui standar reklamasi dan renaturasi yang konsisten. Semua bentuk pasca penambangan yang dibahas dengan para pemegang saham, seperti pembentukan cadangan alam, lahan pertanian, hutan buatan atau taman rekreasi lokal, bertujuan untuk melestarikan atau meningkatkan keanekaragaman hayati yang ada. The HeidelbergCement Biodiversity Guideline adalah sebuah kewajiban di setiap operasi penambangan di Eropa. Sebuah versi adaptasi telah diterbitkan untuk pedoman di wilayah operasi Asia.